Belanja di Ebay: Pengalaman Pertama

fxxj3ttftm5ltcqnto1o4baovyl.png

Zaman sudah serba digital seperti sekarang ini semua jadi serba online. Tidak perlu lagi pergi ke luar untuk beli sesuatu yang diperlukan atau “ngingkig” kalau dalam istilah bahasa sunda. Walau sudah beberapa kali belanja online tapi hanya sebatas untuk situs-situs online di Taiwan atau di Indonesia. Sebetulnya jual-beli online sudah dari sejak zaman pertma kali ponsel menjadi kepeluan penting. Biasanya jual-beli dilakukan di forum-forumdarimana-tokopedia-bukalapak-olx-dapat-keuntungan-800x400 seperti Forumponsel atau Kaskus. Sekarang sudah lebih baik lagi karena muncul situs-situs online seperti Tokopedia atau Bukalapak. Kelebihannya sebetulnya selain barangnya lebih beragam karena berbagai pedangang tergabung di situs tersebut, pembayarannya juga lebih terjamin dan mudah.

Pertama kali mencoba waktu studi di Taiwan. Karena banyak barang-barang bagus dan murah akhirnya coba beli dari beberapa situs terkenal seperti bid.yahoo.com.tw, class.ruten.com.tw atau bahkan lativ.com.tw. Semuanya memuaskan karena biasanya jarang ketemu dengan pedagang curang dan pembayaran bisa dilakukan di minimarket seperti 7-11 atau Family Mart.

Tapi kalau dibandingkan dengan Ebay.com tentu lebih menarik lagi soalnya situs online ini lintas Negara. Banyak barang yang tidak ditemukan tersedia di situs tersebut. Bahkan ada beberapa ponsel yang hanya dijual di US saja. Sebetulnya dulu pada tahun 2004 pernah coba beli barang dari US sebuah batere buat iPaq HX2110 tapi masih menggunakan jasa “forwarder” cendarawasih.com. Nah sekarang ingin tahu caranya kalau pesan langsung sendiri.

paypal-icon.png

Pertama sudah disiapkan sebetulnya sejak dua tahun ke belakang akun Paypal. Tapi verifikasi kartu debit tidak pernah berhasil. Maklum pakai kartu debit Bank Post Office nya Taiwan. Jadi waktu minta nomor verifikasi ke petugas Bank Post Office-nya, mereka tidak mengerti apa maksudnya. Jadi akun Paypal saya masuh tidak punya link ke kartu debit. Sekarang malah akun Paypal tersebut mendeteksi kalau saya alamatnya di Indonesia, jadi harus pakai karu debit bank dari Indonesia.

s-l1600

Berawal dari keinginan beli ponsel jadul malah tertambat sama ponsel kokoh dari Sonim. Sebelumnya ikut proses bidding ponsel jadul Sony Ericsson P800 dari US tapi kalah. Akhirnya lihat ponsel Sonim XP1520 Bolt, tapi kebanyakannya “locked”. Walau harganya murah sekitar 50 USD tapi harga “unlock”-nya bisa jadi sekitar 20-40 USD. Nah, akhirnya tertambat sama Sonim XP5700. Ponsel ini cuma pun
ya satu warna hitam, tidak ada warna kuning atau orange seperti halnya pada tipe XP1520, jadi saya pikir kalapun nanti dibawa ke kantor masih kelihatan tidak seperti tukang bangunan atau tukang gali minyak. Ponsel ini punya spek yang bagus dengan kemampuan tahan banting jauh di atas rata-rata dan memenuhi standar IP-68 dan MIL-STD-810. Artinya ponsel ini bisa bertahan
secara sempurna dari masuknya debu dan dari semprotan air atau tekanan dari “steam-jet cleaning”. Bahkan sudah lulus uji MIL-STD-810 yang artinya ponsel ini bisa bertahan dalam lingkungan yang sangat ekstrim sesuai dengan definisi standar MIL tersebut.
Karena kebetulan ada teman mau ke US dan Alhamdulillah mau disusahin untuk dititipi ponsel. Akhirnya dapat alamat keluarga temannya di US sana. Nah di Ebay “primary address” diubah dulu ke alamat US sana. Kemudian “buy it now” dan lakukan downloadpembayaran dengan memilih menggunakan “Paypal”. Nanti kita diminta untuk “login” ke akun Paypal dan masukan data kartu debit kita. Langung konfirmasi pembayaran dan “tring”, SMS langsung masuk kalau tabungan sudah terdebit seharga barang tersebut. Sekarang barang masih dalam perjalanan menuju alamat yang dikasihkan teman di US. Sudah tidak sabar buat me-review hape tangguh itu….

 

 

 

 

Sumber gambar: ebay.com, phonearena.com, dan dapsfiles.com

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: