About

irwanpraker Dilahirkan di sebuah pedesaan di Kecamatan Pangalengan Kab. Bandung dari sebuah keluarga sederhana. Masa kecil dihabiskan di tempat kelahiran sampai akhirnya menamatkan pendidikan Madrasah Tsanawiyah Muslimin di Pangalengan Kab. Bandung  pada tahun 1993. Selama sekolah di MTs,  Ilmu Sharaf adalah salahsatu pelajaran pavorit tapi tidak suka dengan ilmu Nahwu. Juga suka untuk mempelajari satu Kitab Fiqh karya Imam Ibnu Hajjar al-Atsqolani serta syarah-nya Kitab Subulussalam karya Imam ash-Shon’ani. Setelah lulus tidak melajutkan ke MA (Madrasah Aliyyah) tapi kemudian mencoba merantau untuk melanjutkan pendidikan SMA ke kota Bandung. Akhirnya hidup sebagai anak kos selama menuntut ilmu di SMA 3 BPI dan tak kembali ke kampung halaman karena harus melanjutkan studi di jurusan Fisika UNPAD di tahun 1997.

Di kampus, tertarik untuk mempelajari Instrumentasi Elektronika/Fisika selama studi sehingga bergabung dengan KBK/grup riset Instrumentasi Elektronika/Fisika. Banyak belajar tentang Assembler, BGC 8088 dan MCS-51 serta ikut bergabung dengan Lab. ESPE  sampai selesai mengerjakan skripsi. Selama kuliah, sempat aktif di berbagai kegiatan kampus. Kecintaan akan mempelajari Fiqh Islam dan pengajian membuatnya aktif di kegiatan DKM Masjid Unpad, DKM FMIPA  serta jadi mahasiswa di Ma’had al-Imaarat Bandung walau tidak sampai selesai karena harus bekerja.

Sempat bercita-cita  jadi dosen tapi akhirnya pada tahun 2002 memutuskan untuk menjadi peneliti di UPT BPI LIPI. Melanjutkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya ketika kuliah dulu di Fisika UNPAD. Alhamdulillah sekarang sedang menjalani studi doktoral di National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) negeri Formosa, bergabung dengan Lab. Power Electronic-Dept. Electronic Engineering. Selama ini dan ke depan riset yang dikerjakan meliputi bidang instrumentasi, kalibrasi, metrologi, power electronic dan control untuk energi terbarukan (renewable energy).  Semoga bisa saling berbagi dan bertukar pikiran.

%d bloggers like this: